25 April 20180 Komentar
Ditulis oleh admin

Profil Kecamatan Tuban

Kecamatan Tuban memiliki letak yang sangat strategis karena berada di pusat ibukota pemerintahan Kabupaten Tuban dengan luas wilayah ± 21,29 km² atau 1,16 % dari luas wilayah Kabupaten Tuban secara keseluruhan sebesar 1.839, 94 km². Dari sisi luas, Kecamatan Tuban merupakan wilayah yang paling kecil diantara kecamatan lain di Kabupaten Tuban.  Wilayah Kecamatan Tuban berbatasan :

- Sebelah utara        : Laut Jawa

- Sebelah timur         : Kecamatan Palang

- Sebelah selatan    : Kecamatan Semanding

- Sebelah barat         : Kecamatan Merakurak

Secara administratif pemerintahan terdiri dari 3 Desa dan 14 Kelurahan yang meliputi 7 dusun, 103 RW dan 356 RT. Sampai dengan akhir Desember 2017 jumlah perangkat desa sebanyak 31orang dan perangkat kecamatan/kelurahan yang notabene-nya PNS sebanyak 109 orang. Dengan demikian Kecamatan Tuban memiliki jumlah PNS sangat besar yang dapat disetarakan dengan jumlah PNS pada sebuah Badan atau Dinas.

Disisi lain Kecamatan Tuban memiliki jumlah penduduk sebesar 90.336 orang, dan menempati urutan 2 besar setelah Kecamatan Semanding. Sehingga dengan demikian tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Tuban cukup tinggi yaitu    2.357 orang/km² yang merupakan wilayah dengan kepadatan paling tinggi di Kabupaten Tuban. Mata pencaharian penduduk didominasi di sektor wiraswasta (14.854 orang), disusul karyawan swasta (6.947 orang), sektor perdagangan (3.493 orang),  Pegawai Negeri/BUMN (3.031 orang),  petani/pekebun (2.936 orang),  nelayan/perikanan (1.198 orang), pensiunan  PNS / TNI / POLRI     (1.626 orang),pedagang            (1.509 orang). (Sumber data dari Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil kab.Tuban semester I tahun 2017).

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Bupati Tuban Nomor 69 Tahun 2016 tentang Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan  di Kabupaten Tuban disebutkan bahwa Kecamatan merupakan perangkat daerah yang dipimpin oleh Camat yang berkududukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati  melalui Sekretaris Daerah. Selanjutnya berkaitan dengan keberadaan kelurahan dalam Kecamatan bahwa Kelurahan merupakan wilayah kerja Lurah di dalam wilayah Kecamatan yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat. Susunan Organisasi Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban didasarkan pada Peraturan Bupati Nomor : 69 Tahun 2016, tanggal  27 Oktober 2016.

Adapun tugas dan fungsi Kecamatan sesuai struktur organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Kecamatan merupakan perangkat daerah sebagai pelaksana teknis kewilayahan yan mempunyai wilayah  kerja tertentu dan dipimpin oleh seorang Camat;
  2. Kecamatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah Kecamatan dengan tipe A ;
  3. Camat berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah  ;
  4. Camat sebagaimana dimaksud pada ayat (3) mempunyai tugas :

      a. Menyelenggarakan urusan pemerintahan umum ;

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum ;
  3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati ;
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum ;
  5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  6. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan /atau kelurahan ;
  7. Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan; dan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan ;
  9. Perumusan inovasi terkait tugas dan fungsinya dalam rangka peningkatan pelayanan publik;
  10. Pelaksanaan penilaian kinerja bawahan sebagai bahan pertimbangan pengembangan karier ;
  11. Pelaksanaan laporan/pertanggung jawaban kepada Bupati; dan
  12. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

     5.  Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (4), Camat melaksanakan tugas                     yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi                   kewenangan Daerah.

    6.  Camat dalam melaksanakan tugasnya sebagiamana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dibantu                oleh perangakat Kecamatan.

Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (4), Camat melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah .

Camat dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dibantu oleh perangkat Kecamatan.