29 August 20180 Komentar | Dilihat : 363 kali
Ditulis oleh admin

GELAR PAWAI KARNAVAL SD/MI, USUNG TEMA KARYA BUDAYA NUSANTARA

Tubankota - Sedikitnya 41 peserta karnaval mengikuti pawai budaya tingkat SD/MI yang digelar oleh Kecamatan Tuban dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73. Para peserta mengambil start dari Alun-alun Tuban dan berakhir (finish) di Kantor Kecamatan Tuban, Rabu (15/08) siang.

Pawai kali ini mengusung tema “Karya Budaya Nusantara”. Sesuai dengan tema yang diangkat, peserta pawai didominasi oleh sajian yang mengusung tema budaya, serta adat dari daerah yang ada di Indonesia.

Sajian peserta sendiri hampir sebagian besar mengambil tema budaya Jawa, khususnya Jawa Timur dan Yogyakarta, serta budaya Betawi.

Masyarakat Tuban yang menyaksikan langsung di sepanjang Jalan Veteran, seperti dibawa mengenal sejarah masa silam, karena budaya yang diangkat oleh peserta pawai tak berhenti di budaya adat dan pengantin, akan tetapi juga mengangkat konsep nuansa kerajaan Majapahit serta Kadipaten Tuban.

Tak hanya itu, selain busana ala nusantara, seperti pakaian adat Jawa Timur, Yogyakarta, serta Kalimantan yang dipamerkan oleh peserta, pawai kali ini juga menampilkan keterampilan dari beberapa peserta dalam membawakan tari-tarian daerah, seperti, tari Remo, Rudat dan Srimpi, serta penampilan grup band dari SDN Kebonsari 1 Tuban.

comments powered by Disqus